1. Identitas Mata Kuliah
Nama mata kuliah : Manajemen Keuangan Pendidikan
Jumlah SKS : 3 SKS
Semester : 1
Kelompok mata kuliah : Mata Kuliah Keahlian Utama (MKKU)
Program Studi/Program : Manajemen Pendidikan/S-2 UNIGAL
Status mata kuliah : Wajib
Prasyarat : -
Dosen : Udin S. Sa’ud, Prof, Ph.D
2. Tujuan
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan dan melengkapi mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan berpikir lateral dan sistemik dalam menganalisis konsep dasar dan peraturan manajemen pembiayaan pendidikan dan operasionalisasinya dalam sistem pendidikan di persekolahan.
Tujuan khusus perkuliahan ini adalah agar mahasiswa:
a. Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar, tujuan, dan fungsi manajemen keuangan
pendidikan dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan sekolah.
b. Memiliki pengetahuan tentang prosedur dan mekanisme implementasi perencanaan keuangan
pendidikan pada tingkat sekolah dalam upaya peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
lulusan sekolah.
c. Memiliki pengalaman empirik dalam menemukenali masalah-masalah esensial dalam
implementasi manajemen keuangann pendidikan di tingkat sekolah, disertai kajian terhadap
faktor pendukung dan penghambatnya.
d. Memiliki kemampuan untuk melakukan diagnosis faktor-faktor penyebab terjadinya
permasalahan dalam implementasi manajemen keuangan pendidikan pada tingkat sekolah.
e. Memiliki sikap dan ketrampilan untuk melakukan komunikasi profesional di antara para
pakar, administrator dan pendidik, dalam upaya mengembangkan gagasan/ide pemecahan
masalah dalam manajemen keuangan pendidikan pada tingkat sekolah.
3. Deskripsi Isi
Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan beberapa konsep esensial manajemen keuangan pendidikan pada tingkat persekolahan yang mencakup: konsep dasar, tujuan dan fungsi manajemen keuangan pendidikan, strategi penyusunan anggaran keuangan pendidikan tingkat sekolah, sistem akuntasi keuangan sekolah, problema dalam implementasi manajemen keuangan sekolah dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Hal ini diperlukan untuk mendasari perkembangan pola pikir, ide, wawasan, sikap dan prilaku mahasiswa agar mampu menerapkan pola pikir tersebut melalui paradigma-paradigma yang dapat difungsikan dan dapat dioperasionalkan dalam langkah analisis yang logis, argumentatif, dan open minded serta ketepatan menentukan keputusan sesuai parameter keilmuan.
4. Pendekatan Pembelajaran
Ekspositori dan inkuiri
- Metode : presentasi, diskusi, tanya jawab, dan pemecahan masalah
- Tugas : penyusunan dan penyajian makalah serta diskusi
- Media : OHP, LCD/power point
5. Evaluasi
- Kehadiran
- Makalah Presentasi
- Presentasi dan partisipasi dalam diskusi
- UTS
- UAS
6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 Orientasi Perkuliahan/Silabus
Pertemuan 2 Konsep dasar, fungsi dan tujuan manajemen keuangan pendidikan
Pertemuan 3 Ketentuan dan peraturan keuangan pendidikan di tingkat sekolah
Pertemuan 4 Sistem dan strategi penyusunan anggaran pembiayaan pendidikan di sekolah
Pertemuan 5 Sitem Akuntasi keuangan sekolah
Pertemuan 6 Sistem pelaporan dan pertanggunjawaban keuangan sekolah
Pertemuan 7 UTS
Pertemuan 8 Partisipasi Masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di sekolah
Pertemuan 9 Manajemen pembiayaan pendidikan tingkat makro (APBN/APBD)
Pertemuan 10 Problema pembiayaan pendidikan di sekolah
Pertemuan 11 Refleksi
Pertemuan 12 UAS
7. Sumber Belajar
Departemen Pendidikan Nasional (2006). Rencana Stratejik Pendidikan Nasional 2006-2010. Jakarta : Balitbang, Depdiknas.
Nanang Fattah (2000), Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Bantuan Biaya Operasional Sekolah.
Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 entang Perbendaharaan Negara.
Undang-Undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.
Udin Saud. dan Abin S Makmun (2005). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dosen dapat dihubungi melalui:
1. E-mail : usaud@upi.edu
2. No. HP : 08156109654
3. Kantor : - Prodi Administrasi Pendidikan SPS UPI
- Prodi Pendidikan Dasar SPS UPI
Bandung, Oktober 2009
Dosen
Udin S. Sa’ud, Ph.D
Minggu, Juni 06, 2010
SILABUS MANAJEMEN KEUANGAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar